Saturday, April 30, 2011

Iklan yang Relevan Meningkatkan Keuntungan Adsense

Jika anda telah mulai menggunakan Adsense sebagai cara untuk meningkatkan pendapatan iklan, hanya saja jumlahnya tidak bertambah sesuai dengan apa yang anda harapkan, masalahnya mungkin saja terletak pada iklan itu sendiri. Jika iklan yang dihasilkan oleh Google Adsense tidak relevan untuk website/blog anda, pengunjung tidak akan mengklik pada iklan itu. Dan, tidak ada klik maka tidak ada uang. Sesederhana itu. Dan ini situasi yang mudah untuk diperbaiki.

Salah satu cara untuk mengetahui jika iklan bekerja dengan benar adalah dengan memonitor click-through-rate (CTR) pada halaman. Jika CTR rendah, itu biasanya indikasi bahwa saat pengunjung tiba di halaman anda menggunakan kata kunci tertentu, pengunjung tidak dapat menemukan iklan yang relevan untuk kata kunci tersebut. Dan sayangnya untuk anda, pengunjung tidak mempunyai alasan untuk mengklik iklan.

Bagaimana saya tahu ini? hal ini juga terjadi di website saya. Pada salah satu situs saya, saya punya halaman yang ditujukan untuk pemrograman PHP (pemrograman bahasa). Halaman yang memiliki CTR rendah. Setelah pemeriksaan lebih lanjut dari halaman tersebut, saya melihat bahwa tidak ada salah satu dari iklan yang terkait dengan pemrograman atau bahkan untuk teknologi.

Apa yang saya perhatikan adalah bahwa iklan tersebut terkait dengan gitar. Guitars? Saya berpikir pada diri sendiri, "Apa relevansi gitar dengan pemrograman PHP?" Dan saya bayangkan pengunjung ke situs saya akan bertanya-tanya mengenai ini juga.

Setelah mempelajari iklan, saya melihat bahwa satu kata tampaknya terus terngiang di pikiranku, kata itu adalah "string" seperti senar gitar. Nah string juga digunakan dalam pemrograman, namun Google tidak bisa membedakan kata ini, itulah mengapa google memasang iklan gitar.

Solusi untuk masalah ini sangat sederhana. Saya menghapus kata-kata "String" dan "strings" dari halaman web saya (atau saya hanya menggunakan kata lain untuk menggantikan kata "String" dan "strings"). Setelah Google menemukan halaman ini lagi dan memperbarui pandangannya itu, hasilnya iklan gitar diganti dengan iklan yang relevan. Dan yang terbaik dari semua? CTR di halaman ini segera meningkat dan begitu juga penghasilan iklan saya.

Jika anda memiliki halaman dengan CTR rendah, anda mungkin perlu men-tweak teks anda sehingga Adsense menghasilkan iklan yang lebih relevan dengan halaman situs anda. Ketika membuat perubahan seperti ini pada halaman web/blog anda, gunakan ide-ide yang sama yang anda gunakan untuk optimasi mesin pencari. Mengapa? Karena Google menggunakan logika yang sama untuk menentukan iklan yang sesuai untuk Adsense yang ditampilkan pada halaman situs anda seperti halnya untuk menentukan apakah artikel anda harus diberi peringkat tinggi pada "blue widget”.

Beberapa daerah di halaman anda yang mungkin perlu sedikit teks tweaking meliputi:  
  • Judul halaman  
  • H1-tag yang digunakan dalam halaman
  • Jumlah kemunculan kata kunci dalam teks artikel
  • Mengubah nama file (ini dapat menjadi sangat efektif, tetapi hanya lakukan ini untuk halaman baru yang belum di mesin pencari atau anda berisiko kehilangan lalu lintas/traffic)
Satu nasihat, jangan lupa bahwa kata kunci anda menentukan peringkat mesin pencari anda, jadi sedikit mungkin untuk melakukan langkah mengubah kata kunci.

Dan ingat, satunya-satunya iklan yang akan membawa pendapatan tambahan Adsense anda adalah membuat iklan yang relevan.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Followers

 
Copyright © 2011. Petunjuk Bermain Google Adsense . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates